Kamis, 08 November 2012

KEWIRAUSAHAAN



      Okee,, mulai mencari, googling, scaning, scaning, scaning, besok UTS terakhir KWU.. walaupun tipikal jawabannya masih bisa dikarang and pakek logika, tapi seengganya harus ada referensi yang jelas biar jawabnya gak ngalur ngidul

 Apa sich Wirausaha, KWU, dan Wirausahawan itu sendiri???

·     Wirausaha adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis; mengumpulkan sumber dayasumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang tepat dan mengambil keuntungan dalam rangka meraih sukses.
·      Kewirausahaan pada hakekatnya adalah sifat, ciri dan watak seseorang yang memiliki kemauan dalam mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif.
· Wirausahawan adalah orang-orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatankesempatan bisnis; mengumpulkan sumber daya-sumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang tepat, mengambil keuntungan serta memiliki sifat, watak dan kemauan untuk mewujudkan gagasan inovatif kedalam dunia nyata secara kreatif dalam rangka meraih sukses/meningkatkan pendapatan.

Menurut Zimmerer (1996:51), nilai tambah dapat diciptakan melalui cara-cara sebagai berikut:

·       Pengembangan teknologi baru (developing new technology)
·       Penemuan pengetahuan baru (discovering new knowledge)
·       Perbaikan produk (barang dan jasa) yang sudah ada (improving existing products or services)
·       Penemuan cara-cara yang berbeda untuk menghasilkan barang dan jasa yang lebih banyak dengan sumber daya yang lebih sedikit (finding different ways of providing more goods and services with fewer resources

 enam hakekat pentingnya Kewirausahaan, yaitu:

·       Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses dan hasil bisnis (Ahmad Sanusi, 1994)
·       Kewirausahaan adalah suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha dan mengembangkan usaha (Soeharto Prawiro, 1997)
·       Kewirausahaan adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru (kreatif) dan berbeda (inovatif) yang bermanfaat dalam memberikan nilai lebih.
·       Kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (Drucker, 1959)
·       Kewirausahaan adalah suatu proses penerapan kreatifitas dan keinovasian dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan usaha (Zimmerer, 1996)
·       Kewirausahaan adalah usaha menciptakan nilai tambah dengan jalan mengkombinasikan sumber-sumber melalui cara-cara baru dan berbeda untuk memenangkan persaingan.

Sikap mental seorang pebisnis:
·       Mengedepankan prestasi
·       Pandai dalam pengembangan aset
·       Karakteristik mandiri
·       disiplin
·       manajemen waktu dan kesempatan
·       mampu memotivasi diri sendiri
·       komitmen tinggi
·       kreatif
·       inovatif realistis

Tujuan dan Manfaat Kewirausahaan :
·       Meningkatkan daya saing negara tersebut
Negara yang memiliki wirausahawan banyak tentunya akan mendapatkan penghasilan yang besar dari sektor pajak, atas kegiatan ekonomi yang mereka lakukan. semakin banyak penduduk menjadi wirausaha, maka ekonomi mereka akan mandiri, tidak akan bergantung pada sistem ekonomi kapitalis. pemerintah harus pro aktif menyediakan modal bagi para pengusaha agar benar-benar produktif dengan bunga yang kompetitif, dan tidak menghancurkan pengusaha maupun pemerintah, hasil keuntungan usaha akan disimpan di bank-bank dalam negeri, sehingga perputaran uang semakin lancar, dengan hal tersebut modal mereka akan bertambah sehingga mampu menembus pangsa pasar global, yang nantinya menaikkan neraca ekspor-impor dan akan menambah devisa negara secara signifakan, maka dengan hal tersebut sangatlah jelas, bahwa kewirausahaan memiliki peran yang sangat penting untuk menaikkan harkat martabat suatu bangsa dikancah internasional.
·      Meningkatkan GNP
Semakin banyak uang yang dihasilkan oleh putra-putri bangsa Indonesia, karena berwirausaha maka uang yang dihasilkan berpeluang semakin besar, berbeda dengan gaji yang nominalnya relatif tetap. Akan meningkatkan GNP yaitu keseluruhan barang dan jasa yang diproduksi warga negara penduduk tersebut dimanapun berada (di dalam dan luar negeri), dengan meningkatkan GNP ini akan semakin memperkuat ekonomi nasional secara makro, dan mempercepat roda pembangunan nasional, karena ketersediaan anggaran semakin meningkat.

Tujuan wirausaha
·           Kewirausahaan bertujuan meningkatkan ekonomi masyarakat dan secara umum
·           Meningkatkan harkat dan martabat pribadi wirausahawan serta bangsa dan negara

MENUJU WIRAUSAHA SUKSES
·           Mau bekerja keras
·           Bekerjasama dengan orang lain
·           Penampilan baik
Pepatah jawa “ajineng busono seko lati” keindahan dalam berpakaian mengambarkan hati seseorang. Sehingga pribadi yang baik dan jujur akan disenangi orang di mana-mana dan akan sukses bekerjasama dengan siapasaja.
·           Yakin
·           Pandai membuat keputusan
·           Mau menambah ilmu pengetahuan
Pendidikan tidak harus menempuh perguruan tinggi. Melainkan pendidikan dalam bentuk-bentuk kursus, penataran, membaca buku dsb.
·           Ambisi untuk maju
·           Pandai berkomunikasi
Mengorganisasikan buah pikiran ke dalam bentuk ucapan-ucapan yang jelas. Mengungkapkan tutur kata yang enak didengar, mampu menarik perhatian orang lain. Komunikasi yang baik, diikuti dengan perilaku jujur, konsisten dalam pembicaraan akan sangat membantu seseorang dalam mengembangkan karir masa depannya.

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates